Perjumpaan pertama dengan usi Lien dan bung John Ruhulessin terjadi dalam ibadah AM-GPM di wilayah paradise. Ibadah saat itu berlangsung di rumah keluarga Ruhulessin-Gaspersz, sekaligus bung John menjadi pembawa materi diskusi dalam ibadah. Itu saat beta mengenal sosok bung John, yang dikenal sebagai pendeta muda yang berkharisma dan cerdas, dan istrinya, usi Lien, seorang pendeta perempuan yang cerdas, ramah dan rendah hati. Karena kesamaan fam Gaspersz, maka kami kemudian lebih saling mengenal sebagai saudara (dari Negeri Naku, Pulau Ambon).
Tidak banyak hal yang beta tahu mengenai perjalanan karier usi Lien sebagai seorang pendeta GPM. Sejauh yang beta tahu adalah usi Lien menjalani tugas vikariat di Jemaat Dian Darat Kei Kecil. Kemudian setelah ditahbiskan sebagai pendeta, beliau ditugaskan oleh Badan Pekerja Harian Sinode GPM waktu itu sebagai pendeta di Jemaat Khusus Hok Im Tong, yang sebagian besar warga jemaatnya adalah peranakan Tionghoa Ambon dan lebih dari separuh jumlahnya berprofesi sebagai pedagang atau pengusaha di Kota Ambon. Usi Lien juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Klasis Kota Ambon mendampingi Pdt. Max Siahaya sebagai Ketua Klasis. Beta tahu itu karena beliau menandatangani Surat Sidi beta. Beta sempat tinggal dengan keluarga Nanlohy (saudara dari pihak Oma Dien) di kawasan Soya Kecil dan karenanya terdaftar sebagai anggota sidi Jemaat GPM Bethel.
Menurut cerita dari bung John Ruhulessin, suaminya, semasa kuliah dulu usi Lien sebenarnya lebih tinggi prestasi akademiknya dibandingkan bung John. Bahkan usi Lien adalah anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) STT GPM. Namun, usi Lien lebih memilih melayani di jemaat daripada menjadi dosen dan lebih mendorong bung John untuk berkarier sebagai dosen. Usi Lien mendampingi bung John dalam peziarahan studi di Salatiga dan Amerika Serikat, serta menopang karier bung John sebagai dosen dan juga sebagai Ketua Umum MPH Sinode GPM selama dua periode. Meskipun suaminya seorang ketua sinode, tapi usi Lien tetap memperlihatkan karakter low profile yang luar biasa. Beliau mudah bergaul dengan siapa saja, tak pandang status sosial atau ekonomi. Murah senyum dan jarang sekali menanggapi sesuatu secara emosional. Bahkan selama kepemimpinan bung John sebagai ketua sinode, usi Lien tampak mengambil jarak kritis sehingga lebih banyak berada di balik panggung pelayanan bung John. Usi Lien sempat menjabat sebagai salah seorang kepala biro di Kantor Sinode GPM. Tapi tidak lama karena beberapa tahun sebelum masa emeritasinya beliau diminta kembali membantu pelayanan di Jemaat GPM Hok Im Tong.
Jika tidak salah ingat, pelayanannya di jemaat itu diperpanjang beberapa waktu meskipun sudah menjalani masa emeritasi. Rupanya, Sinode GPM melihat karakter usi Lien sangat berterima oleh jemaat tersebut. Memang tidak mudah bagi MPH Sinode GPM untuk menugaskan pendeta di jemaat ini. Dibutuhkan kualifikasi karakter pelayanan dan kepemimpinan yang “khusus” untuk melayani anggota jemaat yang sebagian besar adalah peranakan Tionghoa Ambon. Identitas ketionghoan itu sangat mempengaruhi cara pandang mereka terhadap gereja dan pelayanannya, sehingga pola kepemimpinan pendeta dan program-program pelayanannya tidak seperti jemaat-jemaat GPM lazimnya yang beranggotakan orang-orang Ambon/Maluku pribumi. Sosok kepemimpinan dan pelayanan usi Lien tampaknya sangat berterima dengan karakter jemaat tersebut.
Sosok usi Lien dalam kesehariannya lebih beta kenal saat bung John, sebagai Ketua Sinode GPM, membentuk tim kerja untuk melakukan penyederhanaan dokumen PIP/RIPP GPM yang melibatkan beta dan beberapa teman pendeta muda. Rumah dinas ketua sinode di kawasan Mardika disediakan sebagai sekretariat untuk pertemuan dan kerja-kerja tim. Beta ingat setiap saat kami bekerja di lantai 2 rumah itu, setiap beberapa jam usi Lien sudah mempersiapkan jajanan ringan, minuman dan makanan pada setiap jam makan, bahkan suplemen vitamin. Jika berada di rumah, usi Lien selalu naik ke lantai 2 untuk menanyakan apa yang menjadi keperluan tim, terutama mau menu makanan apa.
Perjumpaan beta dengan usi Lien tidak hanya pada acara-acara gerejawi tapi juga pada acara-acara kemasyarakatan atau adat. Kami berdua punya fam yang sama dan berasal dari kampung yang sama, yaitu Naku. Jika ada acara-acara kampung, usi Lien selalu tampak hadir bersama kedua anak: Joyna (Joy) dan Stefano (Fano). Ia dengan luwes membaur dengan semua orang tanpa merasa diri “elite” karena oleh banyak orang dikenal sebagai istri seorang ketua sinode dari gereja terbesar di timur Indonesia. Usi Lien lebih menonjol dalam kerja-kerja yang praktis dan konkret daripada berbicara banyak konsep-konsep pelayanan yang abstrak. Ia tampil sebagai sosok penyeimbang bung John Ruhulessin yang lebih dikenal dengan pemikiran-pemikiran konseptual-teoretik sebagai akademisi.
Sejak beta dan Nancy menjalani studi di Yogyakarta dan Salatiga selama kurang-lebih 6 tahun (2011-2017), kami tidak lagi bertemu. Hanya mendengar kabar dari jauh. Ketika selesai studi dan kembali ke Ambon, kami mulai sering bertemu. Perjumpaan yang paling sering adalah di sekolah Kailani, TK Fast Start, yang terletak di kawasan Tanah Lapang Kecil (Talake), dekat kampus UKIM. Sejak pulang studi, kami mencoba mendaftar Kailani di beberapa TK, mulai dari TK di Belakang Soya milik Suster Brigita Renyaan, TK Kasih Ibu milik pemda di Karang Panjang, dan terakhir TK Fast Start di Talake. Bung John dan usi Lien sering tampak bergantian antar-jemput cucu mereka (putra dari Joyna) yang bersekolah di situ. Beta dan Nancy juga sering bergantian antar-jemput Kailani, karena lokasi sekolah dekat dengan kampus. Biasanya, setelah menjemput Kailani pulang dari sekolah, kami membawanya ke kampus dan pulang bersama-sama ke rumah ketika tugas-tugas di kampus selesai.
Beberapa waktu sebelum sekolah-sekolah dinonaktifkan oleh pemerintah karena ancaman penyebaran virus corona, beta tidak lagi melihat usi Lien. Saat menjemput Kailani pulang sekolah, beta sempat bertemu Joyna. Darinya beta mendengar kabar bahwa usi Lien bersama bung John sedang menjalani medical check-up di Jakarta. Semula beta berpikir hanya proses pemerikasaan kesehatan rutin. Tapi beta merasa usi Lien sedang mengalami sakit yang serius karena hampir selama satu semester bung John tidak aktif di kampus. Bung John dan beta menangani bersama (team-teaching) satu matakuliah pada Program Pascasarjana UKIM. Bung John pernah mengirim pesan pribadi kepada beta agar menangani dulu matakuliah itu sendirian karena beliau sedang mendampingi usi Lien di Jakarta.
Tanggal 15 Juni 2020 tengah malam, bertepatan dengan hari ulangtahun ke-6 Kailani, bung John mengirim pesan WA dari Jakarta: “In su seng ada pada pukul 10.59 WIB”. Sedih sekali. Kami merasa sangat kehilangan figur seorang pendeta perempuan yang tangguh, berdedikasi, dan rendah hati. Seorang perempuan hebat yang menjadi sandaran kokoh bagi suami dan anak-anaknya dalam meniti karier dan menjalani kehidupan mereka. Bagi beta dan Nancy, usi Lien adalah teladan sejati yang memperlihatkan karakter kokoh seorang perempuan sekaligus pendeta yang lurus, tegas, sekaligus luwes dalam berkomunikasi dengan semua orang. Seolah ia tidak mau dirinya dikapling pada satu kotak identitas yang kaku, berjarak dan elitis. Ia merangkul dan menyapa semua orang. Hingga akhir hayatnya, usi Lien memperlihatkan dirinya sebagai ibu bagi anak-anaknya, bagi jemaat yang dilayaninya, bahkan bagi banyak orang. Ia telah menjadi "Mama GPM".
Bung John sendiri, suami yang sangat dikasihinya, pernah memberikan testimoni bahwa di balik segala keputusan-keputusan penting yang diambilnya sebagai ketua sinode pada masa-masa krisis (konflik sosial), usi Lien adalah sosok istri yang terus mengingatkan apa yang seharusnya menjadi prioritas dari keputusan-keputusan itu. Bung John pernah berkata: “In selalu sombayang saat beta mau keluar rumah dan menanyakan apa yang sudah diputuskan oleh gereja/ketua sinode setiap hari, untuk dibawanya dalam doa. Beta bisa seperti ini karena In pung sombayang.” Pada detik-detik terakhir, bung John bersaksi, usi Lien berdoa: "Tuhan, berikan kepadaku apa yang Tuhan pandang baik."
Tuhan sungguh mengasihi usi Lien dan kini tengah merangkulnya dalam kedamaian ilahi yang abadi di Surga. Kami akan selalu mengenang kebaikanmu, usi Lien.
Tertunduk dalam duka ... kami kehilangan sosok ibu dan pelayan sejati ...
Menyebut dengan hormat "Ibu Lien"
Di hati beliau ada hati Aĺlah ...
Di senyum beliau ada keramahan Allah...
Dalam kebaikan beliau, ada cinta abadi Aĺlah
Dalam kerendahan hati beliau, ada martabat yang tinggi dan tanpa batas ...
Dalam ketabahan beliau ada kekuatan Aĺlah...
Dalam kesetiaan beliau, ada rahmat Allah
Dalam ketenangan beliau, ada semangat yang tak lekang...
Kata terima kasih, tak cukup ungkapkan betapa warisanmu menginspirasi kami, ibu...
(karya: Nancy Souisa)
No comments:
Post a Comment