Aku menulis maka aku belajar

Wednesday, December 12, 2018

Bedah Buku John Ruhulessin


Bedah Buku "Gereja dan Kepemimpinan Publik" karya Dr. John Ruhulessin, M.Si digelar oleh IAKN Ambon di Hotel Marina Ambon, 10 Desember 2018. Beta dan Dr. Abdul Manaf Tubaka menjadi pembahas terhadap buku tersebut. Sedangkan Dr. John Ruhulessin menjadi narasumber. Beta memetakan konstruk berpikir John Ruhulessin pada 3 skema yang didasarkan pada bacaan beberapa karya Ruhulessin:

Skema 1
Pengaruh studi sosiologi agama di UKSW terutama oleh mazhab Berkeley melalui Bernard Adeney dan John Titaley, juga oleh Eka Darmaputera dan Theodorus Sumartana. Mazhab Berkeley dengan pendekatan inter-area studies membentuk postur akademik yang lintas ilmu. Oleh karena itu, teologi yang dipelajari lebih berwajah multidisipliner dimana teologi berdialog kritis dengan dan turut dideterminasi oleh ilmu-ilmu lain. Pengalamannya selama menjadi visiting scholar di Berkeley sangat mempengaruhi paradigma berpikirnya.

Skema 2
Partisipasi dan pemikiran politik di Ambon. Kombinasi analisis dan praksis politik yang membentuk teologi politik JR. Itu salah satu keunikan pemikiran teologi sosial JR yang berbeda dari pembelajar teologi di Ambon atau di Indonesia. Pemikiran teologi pluralisnya dibentuk dalam konteks dialog-dialog dengan berbagai komunitas agama dan politik.

Skema 3
Agama dan masyarakat dalam konteks konflik sosial di Ambon. Analisis JR tentang RMS menjadi referensi penting sebagai kontra-wacana separatisme selama konflik. Itu merupakan momentum untuk mendudukkan perspektif historis dari RMS yang selama ini sangat dideterminasi oleh sejarah ala penguasa Orba. Konflik juga menjadi sandaran analisis penelitian disertasinya mengenai pela sebagai etika publik.

No comments:

Post a Comment

One Earth, Many Faces

One Earth, Many Faces