Sebenarnya, saat mendampingi 2 mahasiswa Papua yang belajar di UKIM selama acara makan malam itu, beta sangat berharap bahwa ada juga upaya aksi cepat GPM dalam merespons situasi yang menimpa masyarakat atau jemaat Papua. Sayangnya, harapan itu (sebagai pendeta GPM) pupus karena tidak ada pernyataan publik sikap GPM sebagai bagian dari semangat persaudaraan ekumenis merespons kondisi yang dihadapi oleh gereja-gereja di Papua.
Bagi beta, ini cukup mengherankan bin mencemaskan. Heran karena belum lama Sinode GPM menerbitkan buku dengan tajuk yang aduhai "GPM DI HATI BANGSANYA". Malah kemudian diikuti dengan peluncuran Prodi S3 Agama dan Kebangsaan. Rasanya, masalah kebangsaan menjadi wacana yang digumuli serius. Kenyataannya, aktualisasi semangat kebangsaan GPM itu tidak muncul dalam suatu gerakan sosial GPM sabagai refleksi kritis kehadiran dan peran GPM terhadap masalah-masalah kebangsaan saat ini seperti yang terjadi di Papua atau di tempat lain. Cemas karena beta jatuh pada asumsi hipotetik bahwa GPM tampaknya makin kedodoran dalam membangun kepekaan terhadap dinamika politik nasional saat ini, yang cepat atau lambat akan mempengaruhi cara kita menggereja dalam kompleksitas masalah yang kian menggurita di tingkat lokal.
Bisa jadi beta salah berasumsi. Tapi dari kisah-kisah yang dituturkan oleh para mahasiswa Papua dari Unpatti dan UKIM beta merasa ada pesan miris: "Kitong didatangi oleh orang-orang yang kitong tra kenal. Dorang pake baju aparat dan bawa senjata cari kitong di tampa-tampa kos dan asrama. Kitong datang di Ambon mau kuliah. Sekarang kitong rasa sendiri di Ambon". Mereka merasa sendiri. Apa artinya? Seorang anak Papua yang menjadi koordinator Ambon, juga anak pendeta GKI Papua, mengatakan buat beta: "Bapa, sa pung bapa juga pendeta. Sa sebenarnya harap gereja bisa bilang atau bikin apa ka apa buat kitong ana Papua di Ambon ini."
Bisa jadi beta keliru berasumsi. Tapi apakah terlalu berat bagi GPM untuk menangani anak-anak Papua yang untuk beberapa waktu hidup dan beraktivitas dalam wilayah-wilayah pelayanan jemaat GPM? Hanya untuk memastikan keamanan dan keberlanjutan studi mereka setelah kasus tindakan kekerasan dan pelecehan yang dialami oleh rekan-rekan mereka di Surabaya dan Malang. Bukankah mereka adalah anak-anak ekumenis GPM? Semoga slogan GOB bukan pepesan kosong dan masturbasi teologis saja.
No comments:
Post a Comment