Aku menulis maka aku belajar

Monday, April 24, 2017

Terima Kasih Ahok-Djarot


Sebagai orang yang pernah menjalani kerasnya hidup di Jakarta selama 10 tahun bersama keluarga plus 2 kali mengungsi karena banjir besar yang sempat mengepung Jakarta, dan kembali beberapa saat ke Jakarta saat BTP dan DSH menjadi gubernur dan wakil gubernur, saya sempat merasakan perubahan luar biasa di Jakarta.

Hari ini, saat sedang menemani anak kami, Kainalu Gaspersz, yang lahir di Jakarta, belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional bulan Mei nanti, kami berbagi cerita tentang menjadi seorang yang tangguh menghadapi ujian hidup, bukan sekadar ujian sekolah. Saya menceritakan kepadanya tentang lelaki ini sambil mengamati satu demi satu foto yang kami temukan di facebook.

Kami memang tidak tinggal (lagi) di Jakarta. Tetapi foto-foto ini menjadi bahan pelajaran penting tentang karakter kepemimpinan dari seorang anak bangsa di republik ini. Saya menyimpan ini untuk menceritakannya lagi, lagi dan lagi kepada anak-anak saya. Cerita tentang seorang manusia biasa bernama Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, yang menjalani kepemimpinan dengan visi dan misi besar. Mereka adalah manusia biasa tapi memberi pelajaran luar biasa.

Melihat foto-foto ini, anakku bertanya: "Kenapa Ahok kalah jadi gubernur lagi, pa?" Saya hanya bisa menjawab: "Menjadi pemimpin tidak harus menjadi pejabat. Ahok tidak kalah. Dia hanya mendapat tugas lain. Jadilah 'garam dunia' dan 'terang dunia' maka di situ karakter kepemimpinan kita teruji apakah hanya tertuju bagi diri sendiri ataukah bagi kebaikan orang banyak. Orang lain akan merasakan kehadiran dan karyamu meskipun engkau tak terlihat, bahkan meleleh seperti lilin yang terbakar."

- Leadership is not about a title or a designation. It's about impact, influence and inspiration. Impact involves getting results, influence is about spreading the passion you have for your work, and you have to inspire team-mates and customers. - (Robin S. Sharma)

No comments:

Post a Comment

One Earth, Many Faces

One Earth, Many Faces